Review Buku "Menjadi Pribadi Pemantas Hati

Resensi Buku



IDENTITAS BUKU

Judul Buku     : Menjadi Pribadi Pemantas Hati

Penulis            : A.K

Penerbit        : Quanta (imprint dari PT. Elex Media Komputindo)

Cetakan        : 23 Maret 2015

Tebal            : 222 halaman

Genre           : Pengembangan Diri

Harga           : Rp.64.800

PENULIS

Penulis adalah seorang penulis buku-buku motivasi Islami dan psikologi, seperti :
- Ya Allah Tolong Aku (Quanta)
- Aku Doamu (Quanta)
- Aku Sedih. Aku Kesal. Aku Butuh Pertolongan (Quanta)
- Balas Dendam Yang Sangat Manis (Gramedia Pustaka Utama)
- Tuhan Mengujimu dengan Cinta (Quanta)
- Aku Bisa Bahagia (Quanta)
- Menjadi Pribadi Pemantas Hati (Quanta)
- Jiwa Yang Lapang (Quanta)

SINOPSIS

Kadang kita merasa tidak bahagia karena belum memiliki pendamping atau pasangan hidup yang baik. Hidup ini rasanya belum lengkap dan belum sempurna. Banyak orang yang mendambakan pasangan yang pantas, tetapi dirinya sendiri malas menjaga penampilan, masih punya kebiasaan buruk, masih terbelenggu masa lalu, dan tidak berusaha untuk mengubah diri menjadi lebih baik. Sama seperti untuk mendapatkan kebahagiaan, untuk mendapatkan pasangan jiwa kau tidak bisa hanya diam menunggu, kau harus berusaha keras untuk mendapatkannya. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan pribadi dan kualitas dirimu. Outer beauty dan inner beauty sama pentingnya dalam diri setiap manusia. Kesemuanya itu membentuk pribadimu sebagai manusia yang baik di mata orang lain dan di mata Tuhan. Buku ini berisi tip-tip ringan tetapi tepat sasaran untuk untuk meningkatkan kualitas dirimu di mata lawan jenis. Bisa dibaca oleh pria atau wanita, bahkan bisa dibaca oleh orang yang telah berumah tangga untuk lebih meningkatkan kualitas pribadinya di mata pasangan.

ISI BUKU

Mungkin diri kita sering bertanya apa ada yang salah pada diriku. Kenapa sampai saat ini belum ada yang datang yang memautkan hatinya padaku. Atau kenapa orang-orang yang datang mendekati tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Semua jawaban itu berawal dari "laki-laki yang baik adalah untuk wanita yang baik, dan wanita baik adalah untuk laki-laki yang baik pula", dalam penggalan ayat ini jelas Allah itu Maha Adil. Kita menginginkan yang baik tapi Allah pasti memilihkan yang pantas untuk kita. Jika kita baik maka Allah akan menemukan kita dengan yang baik. Sebelum itu, kita harus bertanya pada diri 'apakah saya sudah pantas untuk menerima yang baik?"
If something went wrong, don't be sad. It's just God's way to forgive your sins.
Buku ini membawa materi yang lengkap
1. Pribadi yang berpenampilan menarik 
Beauty awakens the soul to act
-Dante Alighieri
Allah saja menyukai keindahan. Kenapa kau sendiri tidak ingun tampil indah? Kenapa kau tidak mau kelihatan lebih menarik?
Sesungguhnya Allah itu menyukai keindahan (HR Muslim)
Style is a way to say who you are without having to speak.
2. Pribadi yang memiliki sikap baik
Kindness is the language which the deaf can hear and the blind can see
-mark twain
Hadapi semua masalah dengan tenang. Tidak perlu langsung marah - marah atau emosional. Ambil nafas dalan dan bersabarlah. Pikirkanlah bahwa jika kita marah, hal itu akan membuat suasana lebih kacau.
3. Pribadi yang menyenangkan
A day without laughter is a day wasted
-Charlie chaplin
Senyum yang terukir dari hati yang tulus adalah hadiah yang terindah.
"Janganlah sekali-kali engkau menganggap remeh suatu perbuatan baik, meskipun (perbuatan baik itu) dengan engkay menjumpai saudaramu (sesama muslim) dengan wajah ceria.
(HR Muslim)
4. Pribadi yang pintar 
Beberapa tip agar menjadi pribadi yang pintar, haus ilmu, dan berwawasan luas :
(a) biasakan membaca, (b) menganggap diri selalu "bodoh", (c) bertanya dan bertanya, (d) bergabung ke dalam komunitas.
5. Pribadi yang berfikir positif

6. Pribadi yang memikirkan masa depan
7. Pribadi yang yang tidak terpengaruh masa lalu
8. Pribadi yang menghargai pasangan
9. Pribadi yang baik kepada keluarga

Dari setiap bab tersebut dibagi lagi menjadi beberapa bagian seperti pentingnya inner beauty, easy going, memiliki wawasan luas, memiliki rencana masa depan, yakin dengan apa yang diinginkan, mengubah kebiasaan buruk, membantu meringankan masalah, menyayangi keluarga, dan seterusnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatunya.

KELEBIHAN

Adanya renungan, motivasi islam dan kata-kata mutiara. Satu buku simple, padat dan lugas yang mengingatkan kita kembali apakah sudah pantaskah kita?
Bahasanya juga mudah dimengerti. Layout keren dan warna selaras dengan cover, Penjelasan tidak bertele-tele ditambah adanya beberapa quote yang diambil dari al-quran maupun hadist, namun materi tak diulas seislami yang saya pikirkan.
Pada setiap quote tersebut disertai ulasan yang sejalan. karena ketika saya sedang membaca buku ini, rasanya seperti sedang duduk dengan seorang teman yang sayang sama aku, yang ngasih tau aku gimana caranya jadi pribadi yang baik dengan bahasa yang sangat mudah dimengerti. Walaupun buku ini sampulnya dominan warna pink tapi buka ini juga cocok buat kamu yang laki-laki.

KEKURANGAN

Kurang lebih hidup karena bagi mereka yang menyukai buku akan lebih menarik jika ada contoh gambar ataupun dialog antar tokoh dari bab yang disebutkan sehingga akan lebih jelas.

Saran :

Buku ini mengajak untuk lebih memperbaiki diri agar dapat menjadi seorang pribadi yang lebih baik. Pribadi yang dewasa, tangguh, percaya diri, tampil menarik dan menyenangkan.
Setiap orang pasti memiliki sifat - sifat dan karakter yang baik, tapi tidak semua orang bisa mengeluarkan sifat-sifat baik itu dari dalam dirinya.
Jadikan hidupmu lebih baik untuk dirimu sendiri, untuk calon pasangan, maupun keluargamu kelak. Jadilah pasangan yang dapat menjadi kebanggaan bagi pendampingmu serta bagi anak-anakmu kelak.
Berusahalah dengan gigih untuk mendapatkan kebahagiaanmu. Allah tidak akan mengubah nasibmu sampai kau berniat dan bekerja dengan sungguh-sungguh untuk mengubahnya.

Comments